Kamis, 27 Desember 2007

KOMPETENSI GURU

10 Kompetensi Guru


Kompetensi sendiri diartikan sebagai kemampuan yang mencakup:
  • Pengetahuan ( KOgnitf )
  • Bersikap ( Afektif )
  • Bertindak ( Psikomotorik )
Sepuluh dari kompetensi guru adalah:
1. Menguasai bahan: Menyagkut tentang materri? disiplin ilmu pengetahuan yang akan kita pelajari.
2. Mengelola Program Pembelajara, meliputi :
  • Tujuan pembelajaran
  • Tujuan Pembelajaran khusus
  • Strategi pembelajaran
  • Media pembelajaran
  • Evaluasi
3. Mengelola kelas
4. Menggunakan media
5. Menguasai landasan pendidikan
6. Mengelola interaksi belajar mengajar
7. Menilai prestasi siswa
8. Mengelola bimbingan dan penyuluhan
9. Mengenal dan mampu menyelenggarakan administrasi sekolah
10. Menguasai prinsip-prinsip penelitian

KOMUNIKASI SOSIAL DAN INTERAKSI

KOMUNIKASI SOSIAL DAN INTERAKSI

Dalam kehidupan bermasyarakat manusia sangatlah membutuhkan kehadiran orang lain dalam kehidupannya dalam bermasyarakat. Tanpa kehadiran manusia lain bisa dikatakan manusia hanya seperti mayat hidup. Dimana manusia membutuhkan manusia lain salah satunya yaitu untuk saling berinteraksi. Mengapa interaksi sanagt dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat? hal ini berkaitan dengan jalannya masyarakat itu sendiri. Ketika interaksi yang dilakukan dalam masyarakat tersebut barjalan dengan lancar maka akan tercipta pula sebuah keadaan masyarakat yang dinamis. Dengan jalannya interaksi yang baik maka akan juga membangun sebuhan masyarakat yang benanr-benar nyaman, kehidupan dalam struktur masyarakat pun berjalan dengan baik meskipun terkadang kita tidak bisa menmutupi keadaan masyarakat yang majemuk. dengan melihat hal tersebut maka cobalah kita untuk menguak lebih jauh tentang apa komunikasi sosial serta interaksi

Pada dasarnya, manusia adalah mahluk yang bergantung. Sehingga, tidak bisa hidup secara mandiri dan pasti membutuhkan orang lain untuk mengatasi kendala yang ada dalam kehidupannya sehingga manusia biasa disebut sebagai makhluk sosial. Dalam menjalani kehidupan sosial tersebut, seseorang memerlukan sebuah fasilitas serta cara untuk membantunya mempermudah dirinya untuk masuk pada ranah sosial tersebut. Interaksi dan komunikasi, merupakan ungkapan yang kemudian dapat menggambarkan cara serta komunikasi tersebut. Dikarenakan secara umum interaksi merupakan kegiatan yang memungkinkan terjadinya sebuah hubungan antara seseorang dengan orang lain, yang kemudian diaktualisasikan melalui praktek komunikasi. Dua hal tersebut mempunyai hubungan yang terikat sehingga diperlukan sebuah pemetaan untuk memahami secara mendalam.

Berbicara pada lingkup sosial, maka interaksi maupun komunikasi yang dilakukan pun akan bersifat sosial komunikasi sosial, selain merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan pada ranah sosial. Juga merupakan sebuah kegiatan komunikasi yang ditujukan untuk menyatukan komponen-komponen sosial yang bervariasi dan mempunyai perilaku berbeda-beda. Sehingga komunikasi sosial menjadi penting kedudukannya sebagaimana dijelaskan oleh Habermas yang menekankan perlunya “dibangun kondisi komunikasi yang yang menjamin sifat umum norma-norma yang dapat diterima dan menjamin otonomi warga melalui kemampuan emansipatoris, sehingga menghasilkan proses pembentukan kehendak bersama lewat perbincangan.” Dan hal ini menjadi fungsi dari komunikasi sosial yang tercipta.

Dengan melihat hal tersebut diatas maka terlihat bahwa interaksi sosial adalah hal yang kemudian menjadi awal dari terbentuknya sebuah sistem sosial, dikarenakan dengan interaksilah sebuah penyatuan masyarakat dapat terbentuk, melalui perilaku yang sudah didasari oleh rasa peduli. Dengan kegiatan penyesuaian diri melalui kehidupan yang dimiliki antar anggota dalam membentuk sebuah masyarakat atau sosial. Hingga melahirkan hal baru, yang salah satunya menjadi komunikasi sosial sebagai wujud sebuah kebutuhan dari setiap individu yang telah terkumpul menjadi satu bagian dengan sebutan masyarakat.

Demikan penjelasan tentang komunikasi sosial dan interaksi sosial. Dimana keduanya adanya sebuah keterkaiatan satu dengan yang lain. Komunikasi sosial, melihat dari beberapa pendapat diatas mempunyai elemen seperti aktivitas komunikasi, masyarakat, konsensus dalam masyarakat, kegiatan pertukaran pengalaman antar anggota masyarakat atau interaksi. Sedangkan elemen-elemen dalam interaksi sosial mencakup tindakan dan penghargaan serta adanya proses pertukaran pengalaman masing pribadi. Selain itu, dalam interaksi sosial terdapat hal yang kemudian disebut sebagai manifestasi dalam arti perilaku yang spesifik yang diterima pelaku interaksi tersebut.


By. Y@2' CaLm ^_^",,,



Kamis, 13 Desember 2007

BACK TO NATURE

MY EARTH
( BUMIKU )


Bumi yang merupakan tempat tinggal kita sekarang sedang " Menangis ". Kenapa kita sebagai penghuni yang seharusnya menjaga dan melestarikan malah merusak apa yang yang di dalamnya. Banyak sekarang hutan-hutan yang hilang dan tergantikan dengan gedung-gedung megah yang menggantikan satu demi satu pohon yang ada. Banyak tangan-tangan nakal yang seharusnya melindungi serta melestarikan malah merusak apa yang ada. Sebenarnya bumi salah apa?????? itulah kata-kata yang mungkin terucap jikalau bumi bisa berkata. Ini terlihat ketika terjadi bencana-bencana yang ada. Itulah sebenarnya kemarahan dari bumi kepada manusia.
Rusaknya alam kita mencerminkan rusaknya manusia itu sendiri, karena yang merusak alam adalah si manusia itu sendiri. Kita semestinya sekarang mulai sadar, betapa berartinya bumi bagi kita.

DEMI MENCEGAS BUMI KU MENANGIS!!!!!!
MARI KITA BERSAMA-SAMA ........


STOP GLOBAL WORMING



By. Y@2' CaLm-Earth

Kamis, 06 Desember 2007

DUNIA PENDIDIKAN KITA??????

DUNIA PENDIDIKAN KITA

Pendidikan?? itu yang kita butuhkan sebenarnya bukan sebuah janji-janji lain yang sepertinya mengarah pada sebuah kemunduran pada dunia pendidikan...... Rakyat yang kita lihat saat ini sangatlah membutuhkan sebuah inovasi pendidikan yang mana inovasi tersebut membawa bangsa kita Indonesia ke alur dunia yang sebenar-benarnya. Dunia pendidikan kita saat ini dapat dikatakan sangat jauh tertinggal di banding dengan negara-negara lain di dunia. Kita sebenarnya tidak usah melihat kedunia luar dulu untuk membandingkan pendidikan kita?? untuk level Asia atau bahkan level Asia Tenggara pendidikan di Indonesia sendiri tertinggal cukup jauh. Kita bisa flas back sebentar di era tahun 90-an kita bangsa Indonesia merupakan salah satu negara yang bisa di unggulkan dalam dunia pendidikan terutama diAsia. Ditahun itu lah bangsa Indonesia mampu "meng Ekspor" tenaga kerja pendidikan ke dunia luar terutama untuk negara-negara tetangga seperti malaysia. namun ketika kita melihat tahun sekarang malah negara kita yang "mengemis pendidikan" ke dunia luar. Hal ini terbukti banyaknya para pelajar-pelajar dari Indonesia yang belajar di luar Indonesia itu sendiri. Banyak alalsan untuk itu, seperti mereka merasa bahwa dunia pendidikan di Indonesia itu kurang mendukung apa yang mereka cita-citakan.

sebenarnya kita melihat bahwa usaha-usaha dari pemerintah untuk mencegah penurunan dunia pendidikan sudah di upayakan hanya saja implementasi dari program yang berguna untuk memajukan dunia pendidikan itu kurang tepat sasaran. sehingga banyak khasus tentang dana-dana pendidikan yang salah di aplikasikan. mengenai usaha dari pemerintah itu sendiri bisa kita lihat seperti perubahan kurikulum dunia pendidikan yaaaa.... kita mulai saja dari kurikulum 1994, Kurikulum Berbasis Kompetensi ( KBK ), sampai yang sekarang ini Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). itu salah satu dari usaha pemerintah yaitu melalui perubahan kurikulum. Tapi kita juga perlu menyoroti tentang perubahan tersebut. Kita bisa melihat Riilnya dari perubahan tersebut, memang??? ada dampak dari perubahan kurikulum tersebut yang membawa dampak kemajuan bagi dunia pendidikan kita. Tapi, kelihatannya kita kurang bisa melihat kekonsistentan dari pihak pemerintah, seperti untuk kurikulum KBK. Untuk kurikulum KBK ini hanya berjalan sebentar dan belum meratanya? bahwa semua daerah menerima kurikulum ini. ketikla belum semua daerah menerima kurikulum tersebut, pemerintah sudah membuat kurikulum baru yaitu KTSP. Entah apa?? yang ada di benak para pemimpin-pemimpin kita, sepertinya perubahan-perubahan yang dilakukan pemerintah dalam usaha memajukan dunia pendidikan hanya sebuah "Permainan Politik".

Untuk langkah yang terbaru dari pemerintah yaitu pemerintah mengarah pada "Mesin" dari dunia pendidikan yaitu para pendidikan. bisa kita ketahui bahwa dunia pendidikan tidak akan ada tanpa pendidik dalam hal ini guru. merekalah sebagai motor penggerak dunia pendidikan kita.

Untuk langkah ini pemerintah sekrang menyelenggarakan " Sertifikasi Guru ". Dimana, program sertifikasi guru ini berguna untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan guru. Sertifikasi guru ini dilakukan bagi para guru guru yang sudah lulus jenjang S1/D4. lewat sertifikasi guru ini diharap kwalitas para pendidik akan meningkat dimana ketika terjadi peningkatan kwalitas dari pendidik ini maka akan diikuti pula dengan peningkatan kwalitas dunia pendidikan kita. tapi, sebenarnya jika kita menilik kedalam tentang sertifikasi guru ini banyak timbul kolusi-kolusi yang terjadi. untuk langkah ini juga sasarannya juga kurang fix atau tetap sasaran.

Itulah kondisi dunia pendidikan indonesia saat ini. Yang bisa kita lihat dari tahun ketahun mengalami sebuah kemunduran. meskipun banyak hal yang dilakukan oleh pemerintah untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia. Tapi, peran dari masyarakat itu sendiri sangatlah perlu guna memajukan dunia pendidikan kita. Kita bersama-sama menyemangati tindakan-tindakan/ usaha-usaha dari pemerintah guna mendukung terciptanya kemajuan dunia pendidikan kita.

MAJUUUUUU DUNIA PENDIDIKAN KITA

W@RNING TO ALL............!!!!!!!

BuAt KaMu-KaMu SeMuA........... YaNg NgaKu AnAk InDoNeSia.........
N'
YaNg NgaKu CoLLLLLLLL......

CoMe Onnnnnnnnn........

STOPPPP!!!! GLOBAL WORMING

LeStaRiKan AlaM KiTa........

By. EaRt


SERTIFIKASI GURU

SERTIFIKASI GURU

Sertifikasi guru merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas guru sehingga pembelajaran di sekolah menjadi berkualitas. Peningkatan program lain yaitu; peningkatan kualifikasi akademik guru menjadi S1/D4, peningkatan kompetensi guru, pembinaan karir guru, pemberian tunjangan guru, pemberian maslahat tambahan, penghargaan, dan perlindungan guru.
Sertifikasi guru melalui uji kompetensi memperhitungkan pengalaman profesionalitas guru, melalui penilaian portofolio guru. Sepuluh komponen portofolio guru akan dinilai oleh perguruan tinggi penyelenggara sertifikasi guru. Bagi guru yang belum memenuhi batas minimal lolos, akan mengikuti pendidikan dan pelatihan hingga guru dapat menguasai kompetensi guru.

Pemerintah secara resmi telah mencanangkan bahwa profesi guru disejajarkan dengan profesi lainnya sebagai tenaga profesional. Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan karena guru sebagai agen pembelajaran merupakan ujung tombak peningkatan proses pembelajaran di dalam kelas yang akan berujung pada peningkatan mutu pendidikan. Pengakuan kedudukan guru sebagai tenaga profesional dibuktikan dengan sebuah sertifikat profesi guru yang diperoleh melalui uji sertifikasi. Sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan sebagai guru profesional.

Dimana proses sertifikasi guru akan segera dimulai setelah rancangan peraturan pemerintah tentang guru dan dosen disyahkan menjadi Peraturan Pemerintah dalam waktu dekat. Namun, persiapan guru untuk mengikuti sertifikasi sudah dapat dimulai. Oleh karena itu, buku panduan pelaksanaan sertifikasi guru ini disusun agar seluruh unit yang terkait dengan pembinaan guru dapat memahami mekanisme dan prosedut pelaksanaan sertifikasi guru.