Jumat, 04 Januari 2008

PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP KELUARGA

= PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP KELUARGA =

BAB I
PENDAHULUAN

Pengaruh globalisasi, sekarang ini tidak dapat dipungkiri lagi karena banyaknya kemajuan teknologi yang masuk kedalam Negara dan bangsa kita. Tidak sedikit teknologi yang masuk, seperti: computer dan yang telah terlengkapi sehingga bisa jadi internet, televisi, radio, hp dan masih banyak lain sebagainya. Karena banyaknya persaingan sehingga banyak pula teknologi yang makin hari makin meningkat, apalagi pada Negara-negara yang maju, dia bisa mengeluarkan produk tiap harinya.
Bahkan sampai kekehidupan keluarga, seperti radio, hp, dan yang tidak asing lagi yaitu televisi. Televisi hampir semua kalangan kehidupan keluarga memiliki benda tersebut. Karena televisi selain menarik televisi juga bisa memberikan berbagai informasi, pengetahuan, dan hiburan. Dengan televisi bisa mengetahui kehidupan berbagai Negara. Televisi mempunyai banyak saluran/ gelombang, sehingga pemilik bisa memilih acara yang dikehendakinya, kerena mempunyai acara-acara tersendiri setiap gelombangnya.

BAB II
PEMBAHASAN
PENGARUH TELEVISI DALAM KEHIDUPAN KELUARGA
Televisi dalam kehidupan keluarga sangat mempunyai pengaruh yang sangat luar biasa. Walaupun televisi itu benda mati, namun televisi bisa mempengaruhi kehidupan dibeberapa Negara bahkan semua Negara termasuk Indeonesia. Pengaruhnya tidak hanya dirasakan pada orang muda saja tetapi hampir semua kalangan manusia memerlukan televisi. Hanpir semua kehidupan keluarga membutuhkan televisi.


Televisi dan Keluarga
Televisi dalam kehidupan keluarga merupakan sangat penting, kerena televisi bisa memberikan berbagai pengetahun, hiburan dan sebagainya. Televisi dalam keluarga dianggap sebagai anggota dalam kehidupan keluarga, karena bisa menarik perhatian yang ada di keluarga tersebut. Televisi bisa mempengaruhi setiap manusia, entah itu anak-anak, orang tua dan remaja. Karena semuanya itu bisa betah di depan televisi hingga ber-jam-jam. Dan televisi bisa membuat meningalkan segalanya, terutama kalau ada tayangan yang bagus apalagi kalau mengetahui jadwalnya, tentunya tidak akan melewatkan hal atau acara tersebut, karena kalau melewtkan tayangan atau acara yang bagus merasa rugi sekali.
Televisi dalam keluarga juga bisa mengakibatkan berbagai perubahan di dalam kehidupan keluarga tersebut, misalkan:
Karena sering melihat televisi gaya hidup jadi berubah, contoh saja yang tadinya kalau mandi tidak pernah pakai sabun, setelah melihat iklan dalam televisi merasa tertarik dan merasa ingin memilikinya apalagi banyak pilihan yang bermerek,dan juga setelah melihat televisi banyak sabun-sabun yang penayangannya bagus sehingga tertarik untuk membeli dan memakainya. Dan juga jenis-jenis lain. Seperti pembersih muka, deterjen pakian, makanan dll.
Televisi dalam keluarga tidak hanya merupakan hiburan saja, tetapi juga membuat untuk membeli hal-hal yang disukai seperti sabun tadi diatas.

Televisi dan Daya Tariknya
TV memang mempunyai daya tarik yang sangat kuat, karena banyak keluarga yang betah berjam-jam di depan layar TV. Apalagi kalau mengetahui jadwal di TV, keluarga akan merasa rugi jika meningalkan tayangan tersebut. Selain itu televisi juga mempunyai berbagai operator atau gelombang/ saluran televisi yang mempunyai jadwal yang berlainan, sehingga kalau dilihat merasa tidak membosankan sama sekali. Selain banyaknya saluran juga banyaknya televisi yang bagus atau banyaknya jenis televisi. Dari berbagai model televisi tersebut didalam keluarga merasa tertarik untuk membeli jenis model yang di sukainya.
Beberapa hal yang membuat kalangan keluarga tertarik terhadap televisi adalah sajiannya TV tersebut;
Berbagai informasi dan aktul entah dari dalam negri maupun dari manca Negara. Iklan-iklan yang diberikan atau disajikan yang berupa bentuk adegan-adegan dan bentuk –bentuk yang lucu, seperti pada penayangan motor Yamaha Jupiter yang dikendarai oleh Komeng sampai Komeng terbang yang mengunakan gaya cepat sekali, sehingga membuat para warga penasaran dan membelinya. Hiburan-hiburan seperti; musik, film, komedi dan lainnya. daya pikat TV bertambah dengan penyajian film-film seri atau bersambung, apalagi jika bersambungnya itu pada waktu yang membuat penasaran sekali, maka keluarga atau yang melihatnya akan berusaha melanjutkan kembali tayangan tersebut atau tidak akan melewatkan tayangan tersebut. Di samping itu pemirsa tidak akan pernah bosan kerena banyaknya saluran TV seperti RCTI, ANTV, SCTV dll yang membuat pemirsa mempunyai banyak pilihan untuk mengtetahui tayangan yang ada di berbagai saluran TV tersebut. Jika di dalam tayangan SCTV tidak bagus atau tidak tertarik bisa diganti RCTI dan seterusnya sampai yang kita sukai karena banyakl saluran lain. Dengan demikian maka keluarga akan merasa tertarik dan bisa betah sekali didepan televisi.


BAB III
SIMPULAN DAN SARAN
Simpulan :
Televisi memang sangat penting dalam kehidupan keluarga, televisi bisa memberikan berbagai hal informasi, pengetahuan dan berbagai hiburan. Televisi juga bisa membuat keluarga mengalami perubahan, seperti ketika lihat iklan mempunyai perasaan senang kerena tertarik dan lalu membelinya. Televisi memang digemari banyak orang. Meskipun televisi itu benda yang mati, namun televisi bisa membuat penontonnya merasa nyaman.
Saran :
Dalam kehidupan bermasyarakat khususnya dalam kehidupan keluarga pengaruh dari globalisasi dapat berwujud positif maupun negatif, dalam menghadapi pengaruh-pengaruh itu keluarga memiliki peran yang penting agar dampak dari era globalisasi tidak mempengaruhi aspek kehidupan keluarga. Untuk membentengi keluarga dari pengaruh-pengaruh yang bersifat negatif maka keluarga harus dapat memainkan peran serta fungsinya dalam tatanan kehidupan keluarganya masing-masing. Perkembangan ilmu teknologi dan informasi yang begitu cepat sebagai dampak dari globalisasi tidak dapat terhindarkan lagi oleh masyarakat maupun keluarga untuk itu keluarga hanya dapat meminimalkan pengaruh-pengaruh dari globalisasi tersebut.




By. Y@2' CaLm ( ^_^",,, )

2 komentar:

sMiLe_aNgeL mengatakan...

mAnTeP LaH............
gooD LuCk kAnG...

sMiLe_aNgeL's
;-)

Andi Fharadyba Haris mengatakan...

bgussss...

q terbantu dengan itu semua kak,..