Jumat, 04 Januari 2008

PRANATA POLITIK

Pranata yang memegang monopoli penggunaan paksaan fisik dalam suatu wilayah tertentu. Dengan demikian istilah pranata pemerintahan, politik, negara, maksudnya sama, dan dalam bab ini disebut sebagai pranata politik, karana dalam istilah politik sudah tercakup istilah pemerintah, negara, kekuasaan, kebijaksanaan, dan lain sebagainya. Hanya yang perlu diperhatikan bahwa Negara tidak sama artinya dengan pemerintahan, karena pemerintah merupakan alat atau aparat negara yang melaksanakan fungsi-fungsi dan kekuasaan negara. Jadi, pemerintah hanyalah salah satu unsure negara.
Cirri-ciri atau karakteristik dari pranata politik adalah sebagai berikut:
1. adanya suatu komunitas manusia yang secara social bersatu atas dasar nilai-nilai yang disepakati bersama.
2. adanya asosiasi politik atau biasa disebut pemerintah yang aktif;
3. asosiasi tersebut melaksanakan fungsi-fungsi untuk kepentingan umum; dan
4. asosiasi tersebut diberi kewenangan luas jangkauan kewenangan hanya dalam territorial tertentu.

FUNGSI PRANATA POLITIK
James W. Vender Zanden menyebutkan pranata politik di masyarakat mana pun pada dasarnya selalu memiliki empat fungsi, yakni:
fungsi pemaksaan norma (enforcement norms). Norma merupakan aturan yang menentukan perilaku yang tepat dan yang tidak tepat. Didalamnya dirumuskan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Dalam masyarakat ayang masih tradisional dan tidak mempunyai pranata politik formal, maka folkways dan mores dilaksanakan melalui tindakan-tindakan yang spontan dan kolektif dari anggota masyarakat.
fungsi merencanakan dan mengarahkan. Pranata politik menyusun rencana dan mengarahkan kegiatan-kegiatan anggota masyarakat demi tercapainya tujuan masyarakat.
fungsi menengahi pertentangan kepentingan. Individu-individu dalam memenuhi kebutuhannya seringkali berebutan dan bertentangan satu sama lain, sehinga terjadi persaingan yang tidak sehat dan pertentangan kepentingan antara anggota masyarakat.
fungsi melindungi masyarakat dari serangan musuh dari luar.
Bertbagai fungsi dan kegiatan pranata politik berubah dan berkembang sejalan

1 komentar:

aNtaRi mengatakan...

warna yang digunakan dalam blog jangan nyolokkkk........banget donk.......kan jadi susah tu bacanya....trims


by ; TARY